Postingan saya kali akan mencoba menjelaskan istilah-istilah sulit dalam grafik game yang mungkin sebagian dari kita belum tau definisi istilah-istilah sulit ini. Apa itu pixel, vektor, bit, dan sebagainya? Pasti masih banyak sobat yang belum tau kan? Ya udah langsung saja sob simak artikel saya kali ini!
- Pixel - sering disebut picture element (1 titik dalam 1 grid persegi atau beribu titik individual yang digambarkan jadi suatu bentuk image pada layar).
- Vektor - gambar yang dibentuk oleh objek berupa garis dan kurva berdasarkan rumus matematik.
- Bit - digit dalam system angka (ukuran terkecil dalam sebuah komputer).
- Resolusi - jumlah pixel dalam suatu citra (gambar).
- Batch - sekelompok dokumen atau record data yang diproses sebagai satu kesatuan.
- Batch Processing - proses batch file pada komputer yang dilaksanakan satu demi satu tanpa interupsi (gangguan) pengguna.
- Benchmark - pengujian untuk mengukur kerja hardware atau software.
- Cache Memory - subsistem memori khusus ke tempat mana nilai-nilai data seringkali digunakan ganda untuk akses cepat.
- GPU (Graphics Processing Unit) - sebuah device yang secara khusus ditugaskan hanya untuk mengolah tampilan graphics.
- Anisotropic Filtering - metode mempertajam kualitas tekstur / tampilan gambar 3D terutama pada gambar yang letaknya jauh dari objek utama.
- Anti Aliasing - teknik yang digunakan untuk menghaluskan tampilan sehingga menjadi halus seperti garis lurus (Aliasing adalah tepi dari gambar 3D yang tidak rata / tidak halus).
- DirectX & Dirext3D - kumpulan API dari Microsoft yang berguna menangani tugas yang berhubungan dengan multimedia (sound card, graphics card, input device, dan network).
- OpenGL - kumpulan API yang khusus berhubungan dengan tampilan gambar 3D (dan sedikit 2D).
- Shader Model - standar dari Microsoft untuk menentukan jenis shader yang digunakan (pixel shader dan vertex shader).
- Transform and Lighting (T&L) - proses peningkatan kualitas gambar 3D sehingga lebih mirip dengan keadaan dunia nyata.
- High Dynamic Range (HDR) - teknik menjadikan gambar 3D menjadi lebih realistis dan memungkinkan tampilan gambar menggunakan warna yang nilainya lebih tinggi daripada nilai normal yang biasanya digunakan.
Nah, diatas adalah beberapa istilah-istilah sulit dalam grafik game. Bila ada kekurangan atau kesalahan / sobat ingin menambahkan lagi silahkan tulis aja di kotak komentar.
Semoga bermanfaat sob! :D
0 komentar
Posting Komentar