Hapus Otomatis Komentar dengan Link Hidup pada Blog
Para Blogger biasanya sangat senang untuk saling berkomentar pada blog milik teman sesama Blogger. Dengan saling berkomentar ini sebagian memiliki tujuan positif, salah satunya untuk memberi kritik dan saran kepada konten tertentu agar dapat menjadi lebih baik lagi. Atau untuk saling bertukar fikiran dan pendapat agar ditemukan hal-hal baru, dan lain-lain. Dengan berkomentar juga bermanfaat agar teman-teman Blogger lain mengetahui akan keberadaan kita serta sobat dapat memperkenalkan Blog yang sobat miliki kepada Blogger lain. Hebatnya lagi katanya sih dengan berkomentar akan meningkatkan Page Rank Blog yang kita miliki.
Namun ada sebagian Blogger yang memanfaatkan keuntungan berkomentar secara berlebihan menurut saya. Dalam berkomentar mereka menyertakan link hidup agar terdapat banyak link pada Blog lain yang mengarah kepada URL yang mereka inginkan. Hal ini menguntungkan si Pembuat komentar karena jelas akan banyak sekali celah pada Blog lain yang mengarahkan pengunjung pada Blog-nya atau URL yang mereka tentukan. Namun hati-hati, perilaku seperti ini juga ada kerugianya. Karena mereka berkomentar hanya untuk menaruh link, maka biasanya mereka memberikan banyak komentar dan semua komentar tersebut kelihatan hampir sama atau bahkan sama persis. Sehingga bang Google akan memberi cap kepada si pemberi komentar sebagai Spammers.
Kerugian juga akan dirasakan oleh pemilik Blog yang telah mendapat komentar dari si Spammers. Akan banyak kebocoran yang membawa pengunjung untuk meninggalkan Blog-nya dan mengarah ke Blog si Spammers melalui link hidup pada komentar. Lebih parahnya lagi jika si Spammers telah memberikan banyak komentar beserta link hidup dan tanpa disadari semua komentar tersebut terlihat sama atau berulang-ulang. Wah, bukan hanya si pemberi komentar yang dicap Spammers, bang Google juga akan menganggap Blog yang tidak bersalah ini juga Spammy.
Oh, merugikan sekali yah sobat. Jangan sampai deh hal ini terjadi pada Blog sobat. Apalagi kalau sobat malah menjadi si Spammers, sangat tidak baik.
Nah, jika Blog milik sobat memang sangat ramai dengan pengunjung hingga sobat tidak dapat mengontrol banyaknya komentar yang masuk, lebih baik Blog sobat dirancang untuk dapat menghapus otomatis komentar dengan link hidup pada blog sobat. Sehingga sobat tidak perlu khawatir dengan datangnya komentar yang menyertakan link hidup, karena akan langsung terhapus. Yang terhapus hanya bagian teks dari komentar yang disertai link hidup, jadi tidak keseluruhan komentar akan terhapus.

Tertarik untuk menerapkanya? Silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.
1. Login ke akun Blogger sobat.
2. Masuk ke Bagian Template dan klik Edit HTML.
3. Dengan tombol ctrl+F carilah kode ]]></b:skin> dan letakan kode berikut diatas kode ]]></b:skin>.

#comments p a {display: none !important; }

4. Dengan tombol ctrl+F carilah kode </head> dan letakan kode berikut di atas kode </head>.

<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/> <script type='text/javascript'> jQuery(document).ready(function(){ jQuery(&quot;#comments p&quot;).find(&quot;a&quot;).replaceWith(&quot;<span><i>(Bagian komentar yang ini menyertakan link hidup, maaf akan terhapus otomatis)</i></span>&quot;); }); </script>
Ubah tulisan berwarna biru dengan kata-kata apa saja yang sobat sukai.

5. Klik Simpan Template.

Selesai, dan ketika masuk sebuah komentar yang menyertakan link hidup, maka bagian link hidup dari komentar tersebut akan terhapus otomatis dan digantikan dengan kata-kata yang telah sobat tentukan pada script di atas.


Namun ingat, setelah Blog sobat telah dirancang untuk menghapus otomatis komentar dengan link hidup, jangan menghapus lagi rancangan tersebut. Karena hanya berfungsi untuk menggantikan link hidup pada komentar dengan kata-kata yang sobat tentukan. Jadi jika sobat mengapus rancangan ini, maka link hidup pada komentar akan muncul kembali.

0 komentar